Kamis, 05 April 2012

Faktor- faktor yang mempengaruhi perkembangan Ritel :


1.Kebutuhan
Setiap manusia mempunyai keinginan dan kebutuhan yang berbeda,maka banyak peritel yang mempunyai kemampuan untuk menarik minat pelanggan dengan produk dan jasa yang ditawarkan yang banyak dipasarkan di mall besar seperti sogo,giant,Matahari,dll.pola perilaku belanja pelangan yang terdeteksi dari sejumlah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belanja pelanggan tidak hanya dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan akan barang-barang keperluan hidup, namun lebih mengarah pada terpenuhinya kebutuhan untuk berekreasi dan berelasi. Kondisi inilah yang mendorong bisnis ritel tardisional mulai harus peka menaggapi kebutuhan pelanggan yang belum terpemuhi (un met need) jika mereka ingin tetap bertahan hidup dalam lingkungan persaingan bisnis ritel yang semakin tajam
2.Pemilihan segment target pasar
Segmen target pasar( Target Market ), yaitu segmen – segmen pasar yang direncanakan untuk dilayani terkait dengan aktifitas memfokuskan sumber daya yang harus disiapkan oleh ritel,Jika seorang pelaku bisnis ritel tetap bertahan dengan pengelolaan ritel bedasarkan produk dan jasa yang bervariasi ingin peritel tawarkan kepada pelanggan,oleh karena itu tidak memungkinkan peritel untuk memiliki keunggulan kompetitif dalam segment menentukan target pasar baik secara kualitas produk,harga,promosi untuk mendorong dan menarik hati  konsumen memiliki produk dan jasa yang disukainya
3.Persaingan
Bisnis ritel saat ini berkembang sangat pesat seiring dengan bergesernya gaya hidup tradisional ke modern oleh karenanya peluang emas ini dimanfaatkan oleh peritel-peritel yang mempunyai modal besar dan dengan kemampuan management Retail modern baik Jaringan maupun sendirian ( stay lone )serta berkemampuan mencari modal asing seperti jaringan minimarket maupun Hipermarket asing yang sudah ada saat ini,maka salah satu caranya untuk menumbuhkan kekuatan persaingan perusahaan ialah dengan mengadopsi suatu teknologi informasi guna dapat memantapkan dan memastikan kecepatan informasi sampai pada level top manajemen. Informasi yang didapatkan harus cepat, tepat dan efisien sehingga mendukung kebijakan-kebijakan strategis yang diputuskan oleh top manajemen.
4.SDM
Sangat penting untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang manajemen ritel yang akan menambah kesiapan pengelola ritel tradisional maupun ritel modern pada umumnya dalam mengimplementasikan semua pengetahuan dan konsep manajemen ritel modern secara terintegrasi khususnya bagi kesiapan dalam mengelola bisnis ritel modern slaka kecil dan menengah secara mandiri maupun apabila terjun sebagai bagian dari manajemen suatu perusahaan ritel skala menengah dan besar.
5.Profitabilitas
Peritel mempunyai keuntungan yang berlipat dari bisnis yang peritel jalankan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.selain faktor keuntungan fakta membuktikan bahwa bisnis retail tumbuh dengan pesat sepanjang jaman,bisnis ritel merupakan mata pencaharian yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari,umur bisnis ritel atau berdagang juga paling panjang di banding sektor lain,orang berdagang sudah ada sejak jaman dahulu sebelum modernisasi

1 komentar: